Pengolahan Bahan Pangan yang Baik Berpengaruh Besar Terhadap Kesehatan

adsense 336x280

Pengolahan Bahan Pangan yang Baik Berpengaruh Besar Terhadap Kesehatan
dulur-salembur.blogspot.com
Hak setiap orang mendapatkan makanan yang aman. Tidak hanya akan memenuhi kebutuhan gizi, tetapi pangan yang aman juga baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Kita perlu mengikuti prosedur membersihkan bahan makanan sebelum memprosesnya, guna menjaga keamanan makanan yang kita konsumsi.

Namun, belumlah cukup kalau hanya membersihkan bahan pangan itu saja.

Mungkin sejumlah bakteri masih bercokol di bahan makanan tersebut.

Bahkan, setelah proses pengolahan bahan pangan, bakteri bisa saja masih bertahan di dalamnya. Bagaimana mungkin kita bisa menyediakan pangan aman bagi keluarga bila kondisi ini masih terjadi.
Nah, berikut ini kami akan berbagi tips yang perlu kamu perhatikan dalam mengolah dan menyediakan bahan makanan aman untuk keluarga.

1. Ketahui Sumber Bahan Pangan

Kerap kali beberapa sumber pangan terpapar berbagai sumber penyakit. Air yang dipakai untuk membersihkan bahan pangan terkadang juga terpapar kuman.

Maka, dengan pasti anda harus mengetahui dari mana sumber air dan bahan pangan untuk keluarga agar lebih aman. Kita juga harus membuat pilihan bila air serta pangan ternyata tidak aman untuk dikonsumsi.

2. Menjaga Kebersihan

Bakteri dapat berkembang di mana saja. Untuk menyingkirkan kuman penyebab penyakit tidaklah cukup hanya membersihkan bahan pangan saja.

Perlu juga pengawasan terhadap proses pengolahan bahan pangan tersebut. Dapur dan seluruh alat masak sebaiknya dipastikan dalam kondisi bersih.

Sebelum memasak ataupun menyantap hidangan, pastikan juga anda telah mencuci tangan anda dengan bersih.

3. Pengelompokkan Bahan Pangan

Terjadinya kontaminasi pada bahan pangan bisa kita cegah dengan pemisahan bahan pangan tersebut. Kelompokkan dan pisahkan pangan berbahan hewani, seperti daging, telur, ikan, atau unggas dengan bahan pangan non hewani ketika belanja atau saat memasak. Gunakan peralatan yang berbeda untuk pangan non hewani dan hewani.

4. Proses Memasak yang Baik

Salah satu upaya kita untuk mencegah masuknya bakteri penyebab penyakit (patogen) ke dalam tubuh yaitu dengan mengolah dan memasak bahan pangan dengan cara yang baik. Waktu dan suhu sebaiknya menjadi hal yang mendasar dalam proses memasak.

Jika memungkinkan, anda perlu memastikan apakah makanan sudah dimasak pada suhu yang ditentukan dengan menggunakan alat pengukur suhu.

Konsumsi makanan yang tidak dimasak tuntas juga harus anda hindari, terutama pada jenis makanan seperti telur, daging, dan adonan kue. Sebab hal ini hanya akan mengundang masuknya bakteri dan bersarang dalam tubuh.

5. Pendinginan Bahan Pangan

Pertumbuhan bakteri juga bisa diperlambat dengan proses pendinginan bahan pangan. Suhu penyimpanan harus dipastikan tidak sekedar bersuhu ruang (24 derajat Celcius), atau bahkan hangat.

Bakteri tidak akan bisa diperlambat pertumbuhannya dengan suhu tersebut. Ada baiknya bahan pangan hewani dan nabati yang mudah rusak selama dua jam didinginkan terlebih dahulu sebelum dimasak.

Atau anda juga bisa merendamnya dalam air yang sangat panas (100 derajat celcius) jika belum segera akan dimasak.

Sumber:
http://health.kompas.com/read/2013/05/26/19434180/6.tips.pengolahan.pangan.yang.aman.
adsense 336x280

0 Response to "Pengolahan Bahan Pangan yang Baik Berpengaruh Besar Terhadap Kesehatan"